Selasa, 26 Januari 2010

Anak Kelas II SD Pukul TKO Orang Tua

Kadang-kadang kita orang tua tanpa disadari selalu menganggap remeh pendapat anak kita, dari segi ngatan terbukti bahwa mereka lebih unggul dari kita itu bisa kita lihat dari salah satu tayangan salah satu program TV swasta "Are You Smart Than 5 Greader"...(sepertinya tidak ada yang pernah menang melawan mereka), tapi kita masih berkilah, "Ya wajar saja kita kan sudah tua mudah lupa, sedang mereka masih muda dan fresh ingatannya".

Namun pernahkah dalam hati anda mengatakan mereka sebenarnya lebih pintar dari kita, kalau saya sendiri berani mengatakan bahwa saya tidak lebih pintar dari anak kelas dua SD, kejadiannya begini:

Suatu hari anak saya yang paling kecil Dhaniel (3,5thn) memasukan kunci motor kedalam salon (kebetulan salon itu mempunyai lubang pada bagian belakangnya), ributlah kami sekeluarga mencoba untuk mengambil kunci itu, saya mengambil obeng, lalu mencoba mencari posisi sekrup salon saya bolak-balik salon itu tapi tidak ketemu. Akhirnya saya menyerah...kebetulan masih ada kunci serep yang lainnya jadi kami menggunakan kunci itu untuk menjalankan motor.

Sebulan telah berlalu, suatu hari kebetulan datang adik saya yang cukup mengerti tentang servis peralatan barang- barang elektronika datang ke rumah, lalu saya beritahu tentang permasalahan itu...lalu kami berdua membolak- balik salon itu mecoba kemungkinan membuka salon itu tetapi posisi sekrup tetap tidak ditemukan.

Rupanya kegiatan kami ini diperhatikan oleh anak saya tertua Patrick (6,9 thn) kelas II SD yang sedang menonton TV, lalu ia berdiri dan menghampiri kami sambil memperhatikan apa yang sedang kami lakukan...tiba- tiba saya ia berkata " Pak kenapa enggak coba pakai tangan saya atau tangan adik Dhaniel, tangan kami kan kecil... jadi bisa masuk di lubang salon itu". Eh bener juga dan ternyata tangan mungil itu bisa masuk dan mendapatkan kunci itu.
Suatu pelajaran berharga untuk orang tua, apakah anda pernah mempunyai pengalaman yang serupa?